«

»

Nov 14

SEJARAH BERDIRINYA SMK NEGERI 5 NEGARA

SMK Negeri 5 Negera terletak di Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, tepatnya di sebelah timur SMP Negeri 1 Pekutatan.SMK Negeri 5 Negara didirikan berdasarkan Keputusan Bupati Jembrana Nomor 387/DIKPORAPARBUD/2013 ,serta Penetapan lokasinya berdasrkan Keputusan Bupati Jembrana Nomor 382/DIKPORAPARBUD/2013.

Berdasarkan dua dokumen tersebut(Penetapan Lokasi dan pendirian sekolah) dinyatakan bahwa yang menjadi pertimbangan perlunya dibangun unit sekolah baru (USB) tersebut adalah : (1) untuk meningkatkan daya tampung dan mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu jalur pendidikan dalam Sistem Pendidikan Nasional, dan (2) untuk pemerataan memperoleh pendidikan dan mendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Kebijakan pendidikan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana tersebut sangat wajar sebagai pengejawantahan dari kebijakan pemerintah melalui Surat Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 14/MPN/HK/2007 tanggal 24 Januari 2007 yakni kebijakan Depdinas yang mengubah rasio peserta didik SMA/MA dan SMK dari rasio 40 : 60 di tahun 2013 menjadi 30 : 70 di tahun 2014, serta untuk menambah jenis ketrampilan yang disediakan di SMK.

Kebijakan Pemkab Jembrana tersebut untuk mendirikan SMK Negeri 5 Negara sebagai sekolah menengah kejuruan yang berbasis bidang keahlian pariwisata juga tidak terlepas dari kajian letak geografis, sosio kultural dan daya dukung lingkungannya. Secara geografis SMK Negeri 5 Negara terletak di kecamatan Pekutatan yakni sebuah kawasan desa yang berada di ujung timur Kabupaten Jembrana berbatasan dengan wilayah kabupaten Tabanan. Wilayan kecamatan Pekutatan dengan mata pencaharian penduduk yang mayoritas bekerja di kebun, sebagian di sawah (sebagai petani padi dan sayur maupun buah) serta sebagian di laut (sebagai nelayan) serta sebagiannya sebagai PNS, memiliki penduduk yang berbeda latar belakang agama, dan budayanya.

Keanekaragaman latar belakang penduduk ternyata memberikan potensi yang signifikan bagi perkembangan wisata di daerah ini. Oleh karena itu daerah perkebunanya sangat cocok dikembangkan untuk eco-tourism, wilayah pegunungan yang menghubungkan wilayah kecamatan Pekutatan ke utara menuju kabupaten Buleleng sangat cocok untuk wisata alam dengan pemandangan alam( landscape) yang indah, hijau, sejuk dan bebas polusi udara sangat cocok bagi wisatawan lokal maupun manca negara untuk melepaskan kepenatan maupun beban hidup di negerinya masing-masing.

Dari sisi kebudayaan, wilayah kecamatan Pekutatan dengan delapan desa yang ada juga memberikan kontribusi yang besar untuk daya tarik wisata budaya seperti, jegog dengan penarinya, bleganjur, gong kebyar wanita, rindik, tari Sanghyang , Samroh dan sanggar seni (seni rupa) yang digiatkan penduduk setempat. Oleh karena itu tidak mengherankan bila kita menyaksikan hotel-hotel dan vila bertebaran berdirinya di daerah dekat pantai yang menawarkan akomodasi wisata dari kelas melati sampai sekelas hotel berbintang. Nama-nama seperti Puri Dajuma Beach Cottages, Medewi Bay Retreat, Kelapa Retreat and SPA dan lain lainnya sudah tidak asing bagi wisatawan manca negara hingga kini.

Melihat potensi seperti di atas maka pemerintah kabupaten Jembrana di awal tahun 2013 mulai mensosialisaikan pendirian SMK Negeri 5 Negara. Momen-momen seperti sima krama maupun kunjungan kerja lainnya dimanfaatkan oleh Pemkab Jembrana terutama Bapak Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, SE, MM, yang juga ditindaklanjuti oleh bapak Kadis dikporaparbud kabupaten Jembrana Nengah Alit, M.Pd untuk menyebar luaskan informasi tentang pendirian sekolah baru tersebut di setiap pertemuan atau rapat-rapat terutama pada bidang pendidikan khususnya di kabupaten Jembrana.

Tonggak awal berdirinya SMK Negeri 5 Negara dimulai dengan pembentukan Tim 7 bertempat di Dinas Dikporaparbud kabupaten Jembrana tanggal 7 Maret 2013. Adapun susunan Tim 7 sebagai ujung tombak atau perintis sekolah tersebut adalah sebagai berikut:

Ketua : I Gst. Ngurah Sudama, M.Pd
Wakil Ketua : Drs. I Made Dwiyasa, M.Pd
Sekretaris : I Ketut Ardiasa, S.IP, M.Pd
Bendahara : Drs. I Wayan Darsen
Anggota

 

 

 

  1. I Putu Sandiyasa, S.Pd
  2. Rodingan, S.Pd
  3. Dra. Ni Wayan Sukardiasih

Ke  7 (tujuh)orang tersebut yang merupakan gabungan guru-guru dari SMA Negeri 1 Pekutatan, SMP Negeri 1 Pekutatan dan SMP Negeri 2  Pekutatan bertugas untuk mensosialisaikan berdirinya SMK Negeri 5 Negara sekaligus menerima peserta didik baru untuk pertama kalinya  yakni Tahun Pelajaran 2013/2014.

Tim tersebut terus memantapkan diri dalam rangka perancanaan pendidikan di SMK Negeri 5 Negara dibawah petunjuk dan koordinasi Kabid Dikmen Bapak Drs. I Made Sudianta, MM. Salah satu upaya yang dilakukan menjelang dimulainya penerimaan murid baru adalah studi banding ke SMK Negeri 4 Denpasar pada tanggal 11 April 2013. Dari hasil studi banding dan pertimbangan tim akhirnya disepakati bahwa untuk tahun pertama sekolah ini membuka  1 (satu) paket keahlian yakni Akomodasi Perhotelan , dengan jumlah rombongan belajar 4 (empat) kelas, dengan total jumlah siswa 144 orang . Dan berdasarkan Putusan Bupati  No: 387/DIKPORAPARBUD/2013 secara resmi menetapkan berdirinya SMK Negeri 5 Negara pada tanggal 2 Mei 2013 bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional.

Hingga saat ini menjelang Mei 2015,  SMK Negeri 5 akan genap berusia 2 tahun. Di awal tahun ke dua, berdasarkan tenaga pendidik dan kependidikan yang ada serta dukungan ataupun masukan dari dunia usaha/dunia industri pariwisata yang ada di sekitarnya, sekolah ini sudah menambah satu lagi paket keahlian/jurusan, yakni Jasa Boga.

Harapan kami semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan kekuatannya sehingga lemabaga pendidikan ini senantiasa dapat mewujudkan visinya yakni: Terwujudnya pendidikan kepariwisataan yang berkualitas, berbudaya dan berwawasan global  dilandasi imtaq dan IPTEK agar peserta didik memiliki kompetensi kejuruan, mandiri serta mampu besaing di dunia kerja.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestmail

About the author

admin