Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan sekilas tentang Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan yang ada di SMK 5 NEGARA.

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Jasa Akomodasi Perhotelan  dan memiliki daya saing di era global sehingga mampu terserap di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengangguran serta mampu bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti:

  1. Associate Degree ( Diploma)
  2. Bachelor Degree (Sarjana/S1)

KOMPETENSI / PROSPEK LULUSAN

Membantu siswa untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan perhotelan, khususnya bidang Front Office dan Housekeeping. Lulusan diharapkan dapat berkerja di hotel, kapal pesiar, restaurant, laundry dan industri sejenisnya, serta berwirausaha di bidang tersebut.

Lulusan jurusan perhotelan dipersiapkan untuk menjadi tenaga perhotelan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang perhotelan dalam semua departemen hotel dengan ditunjang oleh sikap dan kepribadian sebagai seorang pelaksana hotel yang professional.

Sehingga para lulusan dari jurusan Akomodasi Perhotelan akan dapat bekerja dengan terampil sesuai dengan ilmu yang diberikan di bangku sekolah dan di dunia industri ketika melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

 

KOMPETENSI YANG DIDAPATKAN OLEH JURUSAN AKOMODASI PERHOTELAN SMKN 5 NEGARA

FRONT OFFICE

Front Office merupakan departemen yang ada pada suatu hotel yen bertugas untuk menangani reservasi/ pemesanan kamar, menangani kedatangan (check in) dan keberangkatan tamu (check out), memberikan informasi kepada tamu dan menangani barang bawaan tamu ketika akan check in, saat berada di hotel dan saatk check out.

Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Front Office d SMKN 5 Negara adalah:

  1. Menangani proses reservasi (pemesanan kamar) baik melalui Telepon, Walk In, Facsimile, Travel Agent, & Email.
  2. Menangani tamu yang check in dan check out serta menangani barang bawaan tamu
  3. Telepon Operator yang didalamnya terdapat aturan dalam bertelepon (Telephone Courtesy)
  4. Surat menyurat meliputi Confirmation Letter, Agreement Letter, Cancelation Letter & Etc

Dalam Mata pelajaran Front Office terdapat 5 unsur pokok keahlian yaitu:

  • Reservasi
  • Reception
  • Telephone Operator
  • Porter/ Uniform Service
  • Klerikal/Surat Menyurat

HOUSEKEEPING

Housekeeping merupakan salah satu departemen yang ada di hotel yang bertugas menangani kebersihan kamar hotel, publc area dan area sekitar hotel termasuk taman yang ada di hotel. Kompetensi yang akan didapatkan siswa dari Mata pelajaran Housekeeping di SMKN 5 Negara adalah:

  1. Membersihkan kamar hotel yang termasuk di dalamnya making bed, dan teknik membersihkan kamar dengan benar
  2. Laundry ( layanan mencuci pakaian tamu di hotel)
  3. Vallet Parking
  4. Public Area (membersihkan area publik yang ada di hotel seperti lobby, garden dan pool)
  5. Handling Bunquet

Dalam Mata Pelajaran Housekeeping terdapat 5 unsur pokok:

  • Membersihkan lokasi area dan peralatan
  • Menyiapkan kamar untuk tamu
  • Laundry
  • Vallet parking
  • Handling Bunquet